SMP MUHAMMADIYAH JUARA LOMBA SENI TINGKAT PROVINSI LAMPUNG.

28/02/2022- Pertengahan semester ini, SMP Muhammadiyah Al Ghifari berhasil meraih banyak prestasi di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional. Sekolah yang memiliki branding “Sekolah Tahfidz Para Juara” ini berhasil menjadi Juara pada beberapa ajang lomba yang diikuti. Untuk Tingkat Provinsi, SMPMu Al Ghifari berhasil meraih Juara 1 Lomba Cipta dan Baca Puisi yang diwakili oleh Siswa Kelas 7 atas nama Nabila Zaskia Chandra dan Juara 3 Lomba Tartil Qur’an yang diwakili Siswa Kelas 8 atas nama Fadli Al Fatir. Prestasi tersebut diraih dalam ajang “Mutu Brilliant Olympiad (MBRIO)” yang diselenggarakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Metro yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Maret 2022 di SMK Muhammadiyah 1 Metro.

Tegaskan Diri Sebagai Sekolah Tahfidz Para Juara, SMPMu Al Ghifari juga menjuarai perlombaan tingkat Nasional, SMPMu Al Ghifari berhasil meraih tujuh Medali Emas dalam ajang Olimpiade Sains Seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Kejuaraan Nasional (Puskanas) pada tanggal 27 Februari 2022. Tujuh Medali emas didapat dari Cabang Olimpiade Bahasa Inggris (4 medali emas), Cabang Olimpiade Matematika (2 medali emas), dan Cabang Olimpiade IPA (1 medali emas). Untuk Cabang Olimpiade Bahasa Inggris diraih atas nama Nabila Zaskia Chandra, Afifah Zahra Indriani, Lakenzo Al Haqqi, dan Steven Artha Fernando. Untuk Cabang Olimpiade Matematika diraih atas nama Desta Anggraeny dan Syera Lyra Anindya. Sedangkan untuk Cabang Olimpiade IPA diraih oleh Akram Zulfadli.

Hermawan Setiadi, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan SMPMu Al Ghifari merasa bersyukur atas prestasi yang diraih oleh siswa-siswanya. “Alhamdulillah, Alloh SWT meridhoi kerja keras kami para guru yang telah membina para siswa sehingga siswa-siswa yang memang memiliki bakat dan potensi tersebut dapat meraih prestasi yang sangat membanggakan.”, kata Hermawan. Menurutnya prestasi ini tidak diraih dengan mudah, tapi harus melalui latihan terus menerus dan berkelanjutan. SMPMu Al Ghifari sebagai Sekolah Tahfidz juga sangat serius melakukan pembinaan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di sekolah ini ada 3 Organisasi Otonom (Ortom) yang aktif, yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathon (HW), dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TSPM). 

Selain 3 ortom tadi, ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan. Kegiatan itu dibagi dalam 4 bidang, yaitu bidang Keislaman (tahfidz, da’i, qori’, dan kajian Islam), bidang Olahraga (futsal, bulutangkis, volley ball, dan panahan), bidang Seni (Sastra, Film, dan Marching Band), dan bidang Keminatan (Siswa Pecinta Alam, Paskibra, dan Jurnalistik). Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan khusus pada hari Sabtu. “Sabtu pagi semua siswa wajib latihan bela diri Tapak Suci, setelah itu mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan pilihannya masing-masing.”, kata Hermawan.

Masih menurut Hermawan, berkat prestasi dan fasilitas yang lengkap SMPMu Al Ghifari terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Terbukti untuk Penerimaan Peserta Didik Baru tahun depan sudah ada 184 calon murid yang mendaftar. Apalagi sekolah ini di bawah naungan Pondok Pesantren Muhammadiyah Abudzar Al Ghifari. Sehingga selain mendapat pelajaran formal di sekolah, para siswa juga dibekali ilmu agama terutama Tahfidz Qur’an. Dengan demikian visi sekolah “Terwujudnya kader umat yang hafidz qur’an, berbudaya lingkungan, dan wirausahawan muda yang berwawasan global” dapat terwujud. Sekolah ini juga didukung dengan Laboratorium Komputer dan Bahasa yang lengkap serta dilengkapi dengan system pembelajaran online (e-learning). 

System pembelajaran tersebut terintegrasi dengan website sekolah dengan alamat alghifarimu.sch.id . Termasuk Pendaftaran calon murid baru juga bisa via online melalui situs tersebut melalui psb.alghifarimu.sch.id . Untuk ujian masuk, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester menggunakan metode computer based test (CBT). Wali siswa juga dapat melihat nilai, hasil pembelajaran, dan bahkan rapot anak melalui fitur menu ruang siswa yang ada dalam system e-learning tersebut, terang Hermawan.

Hermawan Setiadi
(Waka Kesiswaan SMPMu Al ghifari)

Berita Terkait