Perhatikan Kesehatan Lingkungan Pondok, PontrenMu Al-Ghifari Kerjasama dengan Puskesmas Batanghari

Alghifarimu.sch.id, Batanghari – Bentuk memperhatikan dan menjaga lingkungan pondok agar tetap bersih dan sehat, Pondok Pesantren Muhammadiyah Al-Ghifari adakan kerjasama dengan pihak Puskesmas Batanghari. (22/07).  Hal ini juga sebagai bentuk Pondok ikut serta pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dalam agenda kerjasama itu, Pondok mendatangkan 3 pihak dari Puskesmas Batanghari sekaligus mengadakan sosialisasi dan program-program kesehatan. Pihak puskesmas mensosialisasikan tentang bagaimana menjaga lingkungan; makanan, lingkungan, pola hidup santri. Tidak hanya itu, pengawasan terhadap penyakit menular dan tidak menular juga perlu diperhatikan. Seperti pemeriksaan gigi berkala dan pemberian vaksinasi.

Salah satu penerapan PHBS adalah mulai dari belajar mencuci tangan dengan baik dan benar setelah melakukan BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil). Selanjutnya, Puskesmas menganjurkan seluruh pihak tenaga pendidik pondok mengajarkan cuci tangan kepada santri sesuai dengan tahapannya. Pihak Puskesmas juga mengharapkan adanya peletakkan sabun di setiap tempat cuci tangan di area pondok.

Puskesmas mengharapkan adanya monitoring terhadap jenis makanan untuk santri dalam seminggu. Termasuk isi piring di setiap waktu makan para santri. Ditambah, Puskesmas juga mensosialisasikan mengenai penyakit TBC (Tuberkulosis), perihalnya kebanyakkan masyarakat menganggap penyakit TBC adalah penyakit biasa atau sepele. Hal ini perlu adanya pengawasan langsung dari pondok.

Ave Suakanila Fauzisar selaku Kepala SMP Muhammadiyah Al-Ghifari menyampaikan, adanya kerjasama ini menjadi salah satu bentuk bagaimana pondok memperhatikan kesehatan dan pola hidup santri dan tenaga pendidik. Terakhir, penandatanganan MoU sebagai bentuk kerjsama antara Pihak Puskesmas dan Pondok Pesantren. Harapannya setelah adanya kerjasama ini, pengawasan kesehatan lingkungan di pondok semakin diperhatikan. (Intifada)

Berita Terkait