Tunjang Lifeskill Teknologi dan Informasi, SMPMu Al-Ghifari langsungkan Kelas Programming

Alghifarimu.sch.id, Batanghari – Salah satu tujuan dari SMP Muhammadiyah adalah lifeskill peserta didik yang dapat menguasai bidang teknologi dan informasi. Tujuan ini dibarengi dengan adanya usaha-usaha dari seluruh tenaga pendidik untuk dapat mewujudkannya. Selaras dengan itu, setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) SMPMu Al-Ghifari mengadakan kelas Programming kepada peserta didiknya di waktu sore sebelum halaqah.

Sebelumnya, sebulan yang lalu sebanyak 5 orang dari Tim Zerotion dari Universitas Ahmad Dahlan terjun untuk magang di SMPMu Al-Ghifari dalam rangka mengembangkan webiste Alghifarimu.sch.id. Program yang dilaksanakan di laboratorium komputer selama satu minggu ini dipandu langsung oleh Tim Zerotion yang mengembangkan website sekolah.

Ave Suakanila Fauzisar selaku kepala sekolah sekaligus inisiator dari program ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik Al-Ghifari tidak hanya memahami ilmu agama tetapi juga memahami teknologi dan informasi, salah satunya skill Programming. Ada sebanyak 5 orang peserta didik yang mengikuti kelas Programming.

“Seneng bisa buat website gitu, pokoknya serulah. Menarik.” ujar Habiburrahman Ahmad, salah satu peserta Kelas Programming pada Rabu (04/10).

Syaifullah salah satu dari Tim Zerotion mengatakan bahwa kelas ini sebenarnya adalah program yang selaras dengan program kerja magang Tim Zerotion. Dengan adanya, kelas ini menjadi kolaborasi antara program sekolah dan magang.

Mengingat waktu magang Tim Zerotion hanya selama satu bulan. Maka ke depannya, kelas ini akan tetap dilanjut dan dipandu oleh guru pengampu mata Pelajaran Informatika. Sebagai tambahan tidak hanya Programming, namun juga skill mengenai teknologi dan informasi yang lain akan diajarkan kepada seluruh peserta didik; termasuk kemampuan mengedit video, mengoperasikan Microsoft Excel, Microsoft Word, desain grafis, dan lain-lain. (Fada)

Berita Terkait