Penjurusan Pondok, PontrenMu Abudzar Al-Ghifari adakan Tes Minat Bakat bagi Seluruh Santri

Alghifarimu.sch.id, Batanghari, Beberapa waktu lalu, penjurusan yang dilakukan oleh PontrenMu Abu Dzar Alghifari yang bertujuan untuk membagi potensi dan minat bakat setiap santri. Diadakannya sosialisasi kepada wali santri secara daring dan luring saat penjengukan pada Minggu (13/11) nanti.

Kerjasama antara Tim BK (Bimbingan dan Konseling) SMP Muhammadiyah Al-Ghifari dan Tim Psikologi Anak bekerja sama untuk membantu santri dalam mencari dan memetakan potensi anak dalam pemilihan jurusan. Tes minat bakat yang dilakukan selama 4 hari, terhitung dari Senin sampai Kamis di laboratorium komputer SMP Muhammadiyah Al-Ghifari. Tes ini berlaku sebanyak 14 kelas dari santri pondok dan santri reguler. Sementara itu, hasil tes ini akan dianalisis sesuai dengan minat dan potensi bersama dengan jurusan santri, jurusan pilihan wali santri, daftar prestasi santri, dan juga nilai rapor. Nilai Rapor mengambil dari mata pelajaran bahasa dan eksak.

Dewi Mariyana selaku Psikologi Anak mengatakan, tes minat bakat ini akan digabung dengan hasil dan rapat bersama orang tua wali santri. “Nantinya pembagian penjurusan santri akan diterapkan pada semester genap.” tuturnya pada Kamis (03/11).

Penjurusan Pondok memiliki 4 bidang yaitu, Wirausaha, Bahasa dan Budaya, Prestasi Akademik, dan Tahfidz. Sebelumnya adanya penjurusan 2 yaitu Takhosus dan unggulan. Yang mana membedakan antara takhosus dan unggulan pada target menghafal. Nantinya akan ada pembagian jadwal yang berbeda, mengikuti penjurusan yang dipilih oleh santri. (Fada)

Berita Terkait