SMP Muhammadiyah Al-Ghifari Ciptakan Mars Sekolah Supaya Tumbuh Kebanggan bagi Siswa dan Alumni

Alghifarimu.sch.id, Batanghari- Mars Sekolah SMP Muhammadiyah Al-Ghifari telah dibuat oleh Kepala Sekolah dan Tim Kesenian Sekolah. Tujuan dari dibuatnya Mars ini adalah untuk menumbuhkan semangat dan kebanggan menjadi bagian dari keluarga besar Pondok Pesantren A.Alghifari dan menyampaikan serta menamkan Visi & Misi sekolah ke dalam media yang ringan, menyenangkan dan mudah diingat yaitu lagu/mars.

“Membumikan Mars SMP Mu Al-Ghifari, dengan dinyanyikan setiap upacara bendera dan tiap acara formal setelah lagu Indonesia Raya serta Mars Sang Surya demikian penting dilakukan untuk menyelaraskan tujuan, visi dan misi sehingga harapannya seluruh civitas akademika bersemangat berjuang dengan gembira mencapai cita-cita Amal Usaha Muhammadiyah ini.” pungkas Kepala Sekolah, Ave Fauzisar dalam wawancara setelah upacara bendera tempo lalu.

Setelah digubah aransemennya oleh Cahyoco and Friends, guru kesenian SMP Mu Al-Ghifari dan dilakukan rekaman sederhana dengan iringan piano akustik, ditemukanlah nada dasar dan audio yang dapat diputar tiap kali upacara bendera.

“Prosesnya tricky sih,tapi seru juga diberi tantangan oleh pimpinan untuk ngebut ngejar aransemennya. kita cuma diberi lirik dan perkiraan nadanya, itupun masih bahan banget, tapi alhamdulillah jadi juga.” Sambung Cahyoco.

Makna dari lirik bait pertama adalah mengajak siswa mengenang nama besar sekolahnya, kabupaten Lampung Timur dan semboyannya “bumi dan tanah yang memberi manfaat jika semua pihak bermusyawarah dengan baik” (Bumei Tuwah Bepadan) , kemudian semua siswa dan guru berjanji menjadi bagian dari perubahan negeri ini. Lalu bait kedua menjelaskan karakteristik siswa sekolah menengah yang masih individualis-realistis yang perlu memajukan namanya untuk kemudian berprestasi dan belajar semua ilmu untuk masa depannya yang lebih baik. Selain itu, di bait ini juga menekankan urgensi meminta doa dan restu orang tua dalam upaya menggapai masa depan.

Bait Ketiga menjelaskan bahwa Al-Ghifari Muda (siswa dan semua insan di institusi Al-Ghifari yang mencontoh Sahabat Abudzar Al-Ghifari dalam zuhudnya, kedermawanannya dan kepedulinya terhadap ummat), untuk bersiap berkarya dengan gembira, dipenuhi dengan semangat pencerahan Muhammadiyah yang dilambangkan dengan matahari/sang surya. Lebih lagi, mengejar visi Al-Ghifari yaitu terwujudnya kader ummat hafizh quran, Berbudaya lingkungan dan wirausahawan muda berwawasan global tercermin di bait ini.

Bait Keempat berfokus pada untuk menjadi sukses yang berkesinambungan (sustainable/resilient), Alghifari Muda diajak untuk berlari lebih jauh (Going Extra Miles), yaitu bekerja ekstra dan berkarya melebihi batas kewajaran orang normal sehingga berupaya mencapai kesempurnaan (insan kamil). Yaitu versi terbaik masing-masing insan yang tidak hanya spesial, tapi juga unik (sesuai potensinya) serta berkarakter.

Dengan Mengarah pada pembelajaran integral dan bernuansa masa depan dengan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication & Collaboration). Hal inilah yang diharapkan melahirkan kader ummat yang menjadi harapan yang ditunggu Agama, Nusa dan Bangsa. (AF). Berikut adalah audio dari Mars Sekolah tersebut:

Berikut adalah Teks dari MARS SMP MUHAMMADIYAH AL-GHIFARI:

<Intro>

<Verse>
SMP Muhamamdiyah Al Ghifari
Wibawa cakap takwa di hati
Di bumi tuwah bepadan kita berjanji
Kitalah putra putri harapan negri ini

<Bridge>
Genggamlah semangatmu
Manjukanlah namamu..
Penuhi relung jiwa dengan semua ilmu
Mintalah restu aayah dan bundamu

<Chorus>
Al-Ghifari Muda… bersiaplah!!
Berkarya nyata
Berjuang dengan gembira
Bersama sang surya jadikan abadi
Andil ciptakan lingkungan nan asri

Alghifari MUda Bersegeraaa!
Ber lari lebih jauh
Menggapai cita-cita
Versi terbaikmu telah di tung gu
Oleh agama
Nusa dan bangsa

< Interlude >
Alghifari MUda Bersegeraaa!
Ber lari lebih jauh
Menggapai cita cita
Versi terbaikmu tlah di tung gu

Oleh Agamaa
Nusa dan bangsa 2x

Berita Terkait